Web 2.0 : Kunci Sukses Kampanye Barack Obama

10 11 2008

Akhirnya, Barack Hussein Obama memenangkan pertarungan sengit menuju kursi kepresidenan AS dengan memperoleh 338 electoral vote dari 24 negara bagian.

Semua itu tidak terlepas dari “barang dagangan” yang dijajakan oleh Obama. Janji perubahan yang ditawarkan, semangat dan kharisma yang dibawanya, membuat Obama lebih unggul dibandingkan lawannya, Mc Cain, yang lebih berumur dan tampak telah letih, serta masih mengusung lagu lama sebagaimana pendahulunya dari Partai Republik.

Akan tetapi, juga tidak bisa dipungkiri bahwasanya kisah sukses Obama dengan kecerdasannya (dosen saya dari AS, sempat berkomentar, “akhirnya setelah 12 tahun, ada juga presiden yang berotak”), didukung oleh strategi yang kuat dari tim kampanyenya yang mengusung web 2.0 dengan teknologi social-networking (jejaring sosial).

Dengan teknologi ini, Obama dengan PD, “menjual diri”-nya dan mempengaruhi publik hingga ke pelosok negeri untuk bersama-sama bekerja membantu kampanyenya serta menggalang dana.

Dalam pemilihan presiden di AS (dan juga di negeri ini) uang memainkan peran yang sangat penting demi keberlangsungan dan kesuksesan kampanye sang kandidat. Obama dengan MyBO-nya, sebutan untuk situs jejaring sosial resmi Obama, www.barackobama.com, hingga Juli 2008, telah menghasilkan lebih dari $200 juta yang berasal dari 1 juta lebih pendonor online. Obama berhasil membuktikan bahwa dia pun dapat memperoleh dana kampanye yang sangat besar tanpa harus tergantung pada pelobi politik yang umumnya dikuasai oleh pihak corporate besar. Hal ini juga memberikan nilai lebih baginya yang ingin membersihkan politik AS dari pelobi politik yang umumnya memberikan donasi dalam jumlah besar untuk mendukung sang kandidat.

MyBO dikembangkan oleh Blue State Digital dengan merekrut Chris Hughes, salah satu pendiri Facebook, untuk membantu mengembangkannya. Melalui situs ini pula Obama dapat merekrut jutaan volunteer yang membantunya berkampanye melalui house party (semacam acara diskusi yang diselenggarakan oleh salah seorang volunteer dengan mengundang orang-orang dalam satu lingkungannya guna mempromosikan kandidat yang didukung ). Di situs ini disediakan fasilitas untuk memberikan sumbangan, mencetak brosur kampanye, menemukan kelompok-kelompok dan kegiatan diskusi lokal, kontak undecided voters yang berada dekat dengan lingkungan si volunteer, dan lain sebagainya, yang mana kesemuanya itu amat sangat membantu sang volunteer dalam berkampanye mendukung Obama.

Selain berpromosi melalui situs resmi, tim kampanye Obama juga memanfaatkan situs jejaring sosial lainnya seperti Facebook (hingga tulisan ini dibuat tercatat memiliki 3.032.394 supporter), MySpace (875.490 friends) , serta layanan microblogging Twitter (125.882 followers yang menjejaki posting singkat Obama). Demikian pula video-video kampanye Obama yang dipasang di Youtube, umumnya memiliki jutaan hits. Salah satunya adalah video music Obama yang berjudul “Yes We Can” yang telah ditonton 13.260.014 kali.

Di Indonesia sendiri, nampaknya fenomena keberhasilan kampanye Obama memanfaatkan teknologi Internet mulai banyak diikuti para calon kandidat yang akan berlaga di Pemilu 2009. Meski demikian saya sependapat dengan apa yang ditulis oleh Herman Saksono, bahwa apa yang dilakukan politikus di Indonesia tidaklah akan berhasil jika “barang dagangan” serta “diri” yang akan mereka jual tidaklah bernilai jual tinggi. Selain itu, kebiasaan kita yang umumnya bisa membuat namun tidak bisa merawat (dalam hal ini pemanfaatan webblog maupun situs jejaring sosial, yang tidak up-to-date), akan juga mengulang kegagalan yang dialami oleh lawan-lawan Obama, seperti McCain dan Hillary Clinton, yang sama –sama memanfaatkan teknologi ini, namun tidak optimal dalam pemanfaatannya.

Sumber :

Talbot, David. “How Obama Really Did It”. Technology Review Magazine, September/October 2008, p.78-83

http://www.facebook.com/barackobama

http://twitter.com/BarackObama

http://www.myspace.com/barackobama



Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: