Kustomisasi Compiz Effects di Ubuntu 8.04

10 07 2008

Sudah cukup lama aku install Ubuntu 8.04 dan seperti biasa yang pertama kali di-oprek adalah Compiz-nya. Pada waktu menggunakan Ubuntu 7.10, untuk melakukan kustomisasi effect untuk Compiz ini, kita cukup masuk ke menu System->Preferences->Advanced Desktop Effects Settings atau jika secara manual bisa melalui System->Preferences->Appearance kemudian pilih tab Visual Effects dan pilih Custom. Untuk kustomisasinya kita klik tombol Preferences.

Masalahnya ternyata di Ubuntu 8.04 ini tidak aku temui hal tersebut, sehingga cukup lama aku bingung dan harus cukup puas hanya dengan memainkan Desktop Cube. Setelah mencari-cari melalui Mbah Google, ternyata untuk versi terbaru ini memerlukan tool tambahan yakni, Simple Compiz Config Settings Manager.

Akhirnya aku coba install tool ini dengan cara :

sudo apt-get install simple-ccsm

Dan akhirnya, muncul juga tool yang bisa kugunakan untuk kustomisasi effects Compiz.


Actions

Information

2 responses

12 07 2008
arwankhoiruddin

Kok aku beda ya, ndrik..??
Setelah aku nginstall compiz-config-settings-manager, langsung muncul tu di Hardyku….

13 07 2008
Hendrik

Yup, compiz-config-settings-manager langsung terinstall juga. Akan tetapi ga bisa dipake untuk setting aksi/animasi untuk window-window yang ada seperti yang pernah kamu ajarkan itu wan. Aku ga bisa ngeset random animasi, misalnya ketika window terbuka atau minimize dan sebagainya.

Hal itu baru bisa dipake dengan tool Simple Compiz Config Settings Manager ini.

Leave a Reply

