Kesetrum……

18 06 2008

Ada hal lucu yang terjadi di sini ketika Aku, Aan, dan Mas Mujtahid ngurus dokumen-dokumen. Di sini Aan sering sekali kesetrum ketika bersentuhan atau bersenggolan dengan orang lain. Sebelumnya mas Mujtahid pernah bilang ketika memegang gagang pintu harus dengan mantap, dan jangan ragu-ragu, karena kalo ragu-ragu maka akan kesetrum. Aku semula bingung dengan pernyataannya, sampai kejadian Aan beberapa kali kesetrum akhirnya aku mencoba membuktikannya. Dan ternyata memang benar. Aku pun sempat kesterum ketika akan memegang pundak Aan.

Fenomena ini merupakan fenomena yang wajar di sini. Dengan kondisi kelembapan yang rendah ditambah AC yang sangat dingin di ruangan-ruangan kantor, sangat mempengaruhi terjadinya pembentukan listrik statis (ElectroStatic Discharge/ESD). Sebagaimana umum kita ketahui, tubuh kita merupakan penghantar listrik melalui cairan tubuh, seperti darah dan sebaginya. Daya hantar dan impedansi tiap orang berbeda-beda, sehingga wajar jika dalam kasus di atas aku tidak sering kesetrum, sementara Aan sering kesetrum.

Ingin tau lebih lanjut tentang ESD, bisa dicek di sini dan di sini


Actions

Information

Leave a Reply

