Jangan “berdamai” dengan Aparat

8 04 2008

Kemaren, saya dapat SMS yang bunyinya seperti ini : ” Pemberitahuan segala pelanggaran di jln raya baik motor/mobil, jgn suap polisi, biarpun ditawari damai, krn itu pancingan, lbh baik minta dtilang saja nti urus dpengadilan. Instruksi dari Kapolri kpd Polisi : bagi yg bisa buktikan warga menyuap Polisi, dpt bonus 10jt/warga, dan yg menyuap kena hukuman 10th. Info tsb byk yg tdk tau, jd Polisi cari2 kelengahan kita biar menyuap. Jgn smp terpancing, di Sby sdh byk yg terjebak! (harap fwd ke teman2).”

Sekilas setelah baca SMS tersebut cukup surprise dan salut juga karena memang masalah suap-menyuap dengan aparat sudah jadi semacam rahasia umum dan sudah menjadi solusi jika mengalami masalah dengan aparat. Meski pun kadang kita tidak salah, akan tetapi seringkali aparat di jalan banyak yang cari2 kesalahan dengan macam2 dalih seperti operasi rutin dsb. Padahal biasanya mereka pun tidak memasang tanda jika sedang ada operasi, dsb.

Namun, setelah ditelusuri  ternyata SMS tersebut adalah HOAX. Di detik menyatakan Polri sendiri membantah hal tersebut. Meskipun itu sekedar SMS Sampah, namun saya pribadi mendukung jika ada usaha untuk menghilangkan penyakit kronis di masyarakat tersebut. Akan tetapi perlu dipikirkan mekanisme yang tepat sehingga masyarakat sendiri juga tidak dirugikan, karena kalau mekanismenya sebagaimana yang ada pada SMS tersebut, maka hal tersebut akan jadi “obyekan” para aparat tersebut.

Sudah saatnya masyarakat mauapun aparat sendiri diberi penyadaran (kalau perlu bersifat “shock terapy”)  bahwa yang selama ini biasa dilakukan merupakan bibit2 yang menyebabkan tingginya tingkat korupsi di Indonesia.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: