Nasi Telah Menjadi Bubur

31 12 2007

Sering kali kita menggunakan pepatah di atas untuk menyatakan penyesalan atas apa yang telah terjadi. Entah itu karena kegagalan atau karena kesalahan yang kita perbuat. Padahal justru dengan menjadi bubur tersebut ada hikmah yang bisa kita ambil. Misalnya, kalau tidak jadi bubur, mungkin kita tidak tahu bagaimana cara bikin bubur, ya kan? Demikian pula dalam kehidupan. Kalo kita selalu lurus saja, tidak pernah melakukan kesalahan justru kita tidak tahu bagaimana rasanya sakit, kecewa akibat gagal atau melakukan kesalahan. Justru kesalahan tadi menjadi pelajaran buat kita ke depan agar lebih hati-hati dan cermat dalam melakukan suatu perbuatan, misal kalo masak beras agar jadi nasi ya airnya jangan kebanyakan so ga jadi bubur lagi.

 

Selain itu, mungkin dengan sedikit modifikasi (baca: perbaikan), kesalahan atau kegagalan yang tadinya kita lakukan malah justru bisa menjadi sesuatu yang enak atau menggembirakan. Jadi, kalo kita tambahkan sedikit kecap asin, suwiran daging ayam, kalo suka boleh tambah kedelai goreng, krupuk, dan sambal (kalo doyan) jadi deh bubur ayam…J.

 

Jadi tetap semangat atas kegagalan yang terjadi, meskipun nasi yang kita inginkan, tapi malah jadi bubur. Pepatah lain mengatakan tidak ada rotan, akar pun jadi. Kalo gakda nasi, bubur juga lumayan….Hehehe.

 

Karena sebentar lagi kita akan mengalami pergantian tahun  dari 2007 menjadi 2008 M (dan juga dari 1428 ke tahun 1429 hijriah), mungkin ada baiknya kita melakukan evaluasi dan introspeksi diri atas apa yang telah kita lakukan di tahun ini. Biarlah kegagalan maupun kesalahan yang sering kita perbuat di tahun ini menjadi bahan renungan dan introspeksi. Dengan demikian kita dapat melakukan perbaikan-perbaikan sehingga siap menjalani hari-hari di tahun yang baru dengan penuh semangat untuk menjadi lebih baik, untuk lebih bermanfaat bagi orang lain, untuk lebih giat dan tekun mencapai apa yang kita cita-citakan dan yang pasti untuk lebih mendekatkan diri pada Allah dengan amalan-amalan sholeh sebagai bekal menjalani kehidupan yang kekal kelak.   


Actions

Information

One response

11 01 2008
Wahyu

semangat hidup yang sangat bagus mas (sambil kucek2 kepala aku baca nya)

yoh doaken sajah moga2 aku tetep semangat :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: