Instalasi Fedora Core 6 di Harddisk SATA

6 12 2007

Oracle Workforce Developmnet Program (OWDP) UII dapat ruangan baru lengkap beserta komputernya.

Berikut adalah spesifikasi komputer baru yang digunakan OWDP UII :

  • MB Gigabyte GA-PM900M
  • Proc. Intel Core 2 Duo E4400
  • 2 GB DDR 2 Kingston
  • Harddisk 80 GB Seagate SATA 7200 RPM
  • DVD CDRW Combo LG
  • Onboard VGA Sound + LAN Card
  • Monitor LCD 17″ View Sonic

Namun, dengan spesifikasi komputer baru tersebut justru timbul masalah ketika akan dilakukan instalasi Fedora Core 6. Masalah yang terjadi adalah, FC6 tidak mendeteksi adanya harddisk sehingga proses instalasi terhambat. Saat itu saya langsung menyimpulkan bahwa yang jadi masalah adalah Harddisk SATA (persis sama ketika saya mo install Windows XP dengan Harddisk SATA).

Setelah searching dengan keyword “Installing Fedora Core 6 Linux on SATA dive” akhirnya ditemukan solusi, yakni pada saat setelah booting dengan CD 1 FC6, maka saat muncul pesan “To install or upgrade in graphical mode, press the <enter> key”, jangan langsung menekan tombol enter, namun ketikkan baris berikut

linux all-generic-ide

Akhirnya dengan cara ini, FC6 dapat mendeteksi keberadaan HD dan instalasi dapat dilakukan dengan lancar.

Namun ternyata masalah tidak berhenti sampai di sini, setelah booting kembali untuk masuk ke FC6, ternyata memunculkan pesan : Kernel Panic…….

Selanjutnya saya coba booting ulang, ketika masuk ke menu grub, dan muncul pilihan Fedora Core 6 (2.6.18-1.2798.fc6) , saya tidak langsung tekan <enter>, melainkan menekan tombol “a” (modifikasi argument kernel sebelum booting). Saya ubah baris argumen kernel

grub append > ro root=LABEL=/ rhgb quiet

menjadi

grub append > ro root=LABEL=/ all-generic-ide rhgb quiet

Dan pesan “kernel panic” pun hilang. Namun ternyata muncul masalah baru, ketika sistem sedang proses inisilisasi service-service, tiba-tiba layar LCD menjadi blank dan muncul pesan “Out of Range“. Mulanya bingung juga kenapa bisa muncul pesan tersebut, karena saya belum setting resolusi monitor.

Akhirnya saya putuskan untuk coba booting sistem dengan CD 1 FC6. Pada saat muncul pesan “To install or upgrade in graphical mode, press the <enter> key”, saya ketikkan baris berikut :

linux rescue all-generic-ide

Setelah proses loading sistem, selanjutnya saya coba edit file /etc/inittab dan mengubah bagian

id:5:initdefault:

menjadi

id:3:initdefault:

Selain itu, agar setiap kali booting tidak perlu menambahkan opsi “all-generic-ide” maka saya juga edit file /etc/grub.conf, dan mengubah bagian

kernel /vmlinuz-2.6.18-1.2798.fc6 ro root=LABEL=/ rhgb quiet
menjadi

kernel /vmlinuz-2.6.18-1.2798.fc6 ro root=LABEL=/ all-generic-ide rhgb quiet

Selanjutnya setelah booting ulang, sistem sukses masuk ke text-mode.
Kemudian sebagai user root, saya jalankan perintah

#system-config-display

Setelah mengubah resolusi menjadi 1024×768, serta mengubah monitor menjadi LCD Generic 1024×768, saya coba uji sistem dengan menjalankan :

#startx

Alhamdulillah tampilan grafis bisa muncul dengan baik. Setelah memastikan bahwa konfigurasi sukses, saya edit kembali file /etc/inittab, dan mengubah kembali konfigurasi initdefault yang tadi diubah ke kondisi awal (dari 3 kembali menjadi 5). Saya uji kembali dengan booting ulang, dan akhirnya sistem bisa masuk ke mode grafis dengan sukses.


Actions

Information

5 responses

6 12 2007
Andri Setiawan

gr8 job !

28 06 2009
Azwar M

Ass. Pak
sekarang ini l dlm proses penginstalan FC6…..dan mengalami kendala sperti yang telah anda sampaikan diatas..dan saya juga telah mengikuti langkah-langkah yang telah Bapak jelaskan.. Tetapi dalam proses penginstalannya belum berhasil…..mohon bimbingannya pak…

sebelum dan sesudahnya terima kasih..!!

29 06 2009
Hendrik

Wassalam,
Yang masih jadi problem di bagian apa ya? Ada pesan kesalahan yang muncul? Mungkin bisa lebih spesifik supaya saya juga dapat menganalisis sumber maslaahanya. Thx

29 06 2009
Azwar M

masalahnya seperti yg telah bpk jelaskan yaitu out of frequency jd di monitor tidak keluar….saya sudah menerapkan yg telah bpk terangka tetapi msh blm bisa pak…gmn nich??mohon bantuanny pak…! atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

30 06 2009
Hendrik

Kemungkinan nilai yang dimasukkan belum sesuai. Bisa dicoba beberapa kemungkinana resolusi maupun frequensi monitornya, karena setting yang saya sampaikan belum tentu sesuai dengan kondisi monitor mas Azwar.

On Mon, 29 Jun 2009 10:16:07 +0000

Leave a Reply

