Asi Ekslusif

22 10 2007

Alhamdulillah, akhirnya mulai tanggal 1 Oktober kemaren, mami ku dah ga kerja lagi. Katanya sih karena pengen ngasih ASI Ekslusif 6 bulan buat aku. Tadinya sih mami tetep mo kerja setelah cuti 3 bulan saat melahirkanku. Tapi karena ketika kerja, produksi ASI mami,terutama cadangan di botol kalo pas aku ditinggal kerja ga cukup, akhirnya mami mutusin ga kerja lagi. Kata mami, mimi ASI itu hak-ku jadi mami mantap memilih hal itu. Papiku sih ngedukung banget hal itu, jadi papi juga ga masalah.

Aku sendiri seneng banget, selain aku bisa mimi terus saat aku lapar dan haus, mami juga selalu ada di sampingku. Duh senengnya. Mimiku kan emang banyak banget, jadi pas mami kerja aku ngrasa kekurangan …hihi.

Mami bilang ASI Ekslusif itu sangat bermanfaat buat kesehatan dan kecerdasanku. Dengan ASI aku jadi lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit, karena di ASI ada banyak zat alami yang merupakan penghasil antibodi dan zat-zat lain yang bisa meningkatkan kecerdasanku.

Menurut penelitian terbaru, bayi itu bisa bertahan hanya mimi ASI selama 6 bulan. Kalo dulu ASI Ekslusif itu kan cuma 4 bulan. Jadi selama 6 bulan ini, Insya Allah aku hanya akan mimi susu tanpa tambahan makanan atau minuman lainnya. Doain ya mamiku bisa memproduksi ASI dengan lancar 6 bulan ini.

Ketika aku baru lahir, aku memang agak sulit mimi ASI. Katanya sih karena masih “bingung putting”. Mami-papiku sih sebenarnya dah berusaha untuk melakukan inisiasi dini waktu aku baru lahir, tapi ternyata dokter n perawat yang membantu kelahiranku dulu kayaknya belum terlalu paham apa itu inisiasi dini, jadinya gagal deh rencana papi-mamiku. Kata mami, inisiasi dini itu proses menyusu (bukan menyusui) dini. Jadi di sini yang aktif itu ya bayinya. Jadi setelah bayi lair, dia ga langsung dibersihin tapi langsung ditaruh di dada ibunya. Nantinya si bayi yang akan nyari sendiri puting ibunya buat menyusu. Jadi ibu ga bantuin nyusu. Terus gimana kalo bayinya kedinginan?? Menurut penelitian, suhu tubuh ibu akan naik 1 derajat celcius, kalo si bayi kedinginan. Nah kalo kepanasan, juga akan turun 1 derajat celcius. Dengan begitu bayi ga akan kepanasan atau kedinginan. Subhanallah. Allah benar-benar hebat ya dalam mengatur segala sesuatunya. Katanya dengan inisiasi dini ini, bayi mulai belajar bertahan hidup setelah 9 bulan 10 hari di dalam kandungan memperoleh segala kemudahan dalam tumbuh kembangnya. Bayi yang mengalami inisiasi dini nantinya akan lebih bisa survive. Emang sih proses ini masih baru diperkenalkan terutama di Indonesia. Kalo ga salah sih baru setaun yang lalu.

Nah makanya buat om-om dan tante-tante yang mo punya adek bayi, mungkin bisa mulai dari sekarang tuh mulai diskusi dengan dokter kandungan dan dokter bayinya supaya nanti bisa melakukan inisiasi dini. Selain itu, jangan lupa dilanjutkan dengan ngasih ASI eksklusif 6 bulan buat adek bayinya, seperti aku.

 

 


Actions

Information

6 responses

11 12 2007
Wahyu

mas ngerawat bayi ki susah nga sih?

aku jg kepengen tapi nek wes gede nko mesti ndablek! (koyo aku)

jadi mending sabar sek wae lah

12 12 2007
Hendrik

Ya susah-susah gampang🙂. Namanya juga amanah jadi ya harus siap mental dan fisik untuk merawatnya. Yah kalo nakal atau ndableg dikit gpp lah. Namanya juga anak-anak. Ntar juga kalo dah dewasa Insya Allah bisa jadi anak yang baik asal dididik dan dibina di lingkungan yang baik.
Yo koyo kowe tho. Biyen kan nakal banget :)…..Saiki wis gaul karo aku kan jadi baek….qkqkqkqkqkq

4 12 2008
margono

to,ibu ibu semua…
aku baru akan jadi calon bapak nehh…doain yaaa
mau nanya gmn ngakalin biar anaku bs dpt asi exklusif,n istriku jg bisa tetep kerja. n klo asi di sedot trus dimasukin kulkas tuh baik tuk baby ga?

6 12 2008
Hendrik

maaf mas…di sini malah bapak-bapak semua… Hehehe….
Ya intinya agar anak kita dapat ASI eksklusif tergantung kemauan dan kemantapan hati si Ibu dan juga dukungan dari sang Bapak. banyak kok ibu2 yang kerja tapi masih bisa ngasih ekslusif.
Setau saya, gpp tuh nyimpen ASI perah dalam kulkas (freezer). Kalo ga salah bisa tahan 1 bulan-an. Tapi emang ada kandungan gizi yang hilang, so kalo mau digunakan esok hari sebaiknya ya tidak di freezer.
Mungkin untuk detil mengenai berbagaai hal mengenai ASI ekslusif dapat dibaca di :
http://www.breastfeeding.com/

5 04 2009
rachmawati

yah….memang benar sekali apa yang anda katakan tapi permasalahannya seringkali kami mengalami hambatan dikarenannya asi yang sudah 2 hari tidak keluar akhirnya anak dibantu dengan susu formula dan pada waktu asi sudah lancar malah anak yang menolak

6 04 2009
Hendrik

memang betul bu…..Dan itu memang diperlukan pengorbanan. Seperti pengalaman kami, akhirnya kami memutuskan istri untuk berhenti bekerja dan Alahmdulillah setelah berhenti kerja, ASI tetap lancar. Hingga kini putri kami tidak suka susu formula. Saat ini kami berusaha menyapihnya dengan memberikannya susu UHT saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: